Tuesday 17 August 2010

Tips Blogging Menulis Artikel untuk Mesin dan Manusia

Tips, Blogging, Teknik, Artikel, Seni, Mesin, Manusia
Tips Blogging, Menulis Artikel
Keberadaan artikel sering kali dianggap sepele oleh para blogger untuk mendapat traffic dan ranking, padahal artikel merupakan ujung tombak sebuah blog, siapa yang mau berkunjung ke web / blog yang isinya hanya iklan-iklan menyesatkan. Mesin maupun manusia menilai kredibilitas web / blog dari artikel yang berbobot, unik dan menarik, bahkan artikel pula untuk menerapkan beberapa teknik SEO. Tidak jarang blog dengan PR di atas 4, tetapi artikelnya tidak mendapat ranking alias n/a.


Seperti kita ketahui bahwa mesin pencari meng-crawl sebuah halaman web adalah dimulai dari judul, kata pertama pada paragraf pertama, dan berakhir pada kata terakhir pada paragraf terakhir. Sama halnya ketika kita sedang membaca sebuah artikel. Beberapa waktu lalu saya sudah menulis tentang Tips Blogging Budayakan Nge-Blog untuk Manusia bukan Mesin, saya harap Anda menyempatkan untuk membacanya.

Berikut teknik dasar penulisan artikel yang baik menurut mesin dan manusia
 
Tema atau Judul Menarik dan Aktual
Tema yang menarik sudah pasti banyak dicari. Jadi, sebelum menulis artikel tentukan dahulu tema yang akan diangkat pada sebuah tulisan.

Pendahuluan
Setelah judul, pendahuluan sebuah artikel adalah kunci artikel yang ditulis selanjutnya. Jadi, pada pendahuluan yang biasa pada paragraf pertama dibuat semenarik mungkin supaya pembaca penasaran dan akan terus setia membaca sampai akhir.

Jenis Hurup
Jangan dianggap remeh untuk yang satu ini, jenis hurup menentukan seseorang untuk bertahan dan betah membaca. Hindari hurup-hurup yang terlalu besar atau terlalu kecil, dan hurup-hurup yang tidak nyaman dibaca.

Ejaan
Selain manusia (pembaca) dalam hal ini mesin juga menentukan, karena search engine juga membaca artikel yang kita tulis. Manusia sangat berbeda dengan mesin, kalau manusia menyesuaikan pada kata yang salah ejaan, tetapi sebuah mesin tidak bisa seperti itu, kalau ada kata-kata yang asing menurutnya akan dianggap spam dan tentu sangat merugikan. Sekalipun tidak sampai dibanned tetapi penilaian di mata search engine tetap buruk. Apalagi artikel yang berbahasa Indonesia, jangan sampai ada kata-kata yang tidak dikenal, misalnya gue, elo, yg, dan masih banyak lagi. Untuk manusia (pembaca) ejaan yang benar akan meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme sebuah web / blog.

Tidak Mengulang-Ulang
Tidak terlalu banyak mengulang-ulang kalimat yang sama pada beberapa paragraf, gunakan sinonim jika harus mengulangnya. Biasanya ini dilakukan agar tulisan terlihat banyak, justru hal ini menjadi bumerang bagi keberadaan artikel itu sendiri. Manusia akan dengan cepat meninggalkan artikel yang sedang dibacanya walaupun belum sampai selesai, sedangkan search engine akan menganggap sebuah spam.

Tidak Terlalu Panjang dan Tidak Terlalu Pendek
Artikel yang panjang sangat baik di mata search engine, namun kurang baik di mata pembaca. Di mata search engine artikel akan dinilai baik jika lebih dari 500 kata namun untuk para pembaca hal itu dinilai tidak efektif karena biasanya pembaca akan cepat bosan, apalagi dengan isi yang dinilai kurang menarik dan banyak mengulang-ulang kalimat juga salah ejaan. Jangan harap orang maupun search engine senang membaca artikel tersebut.

Jangan dianggap sepele artikel, karena search engine memberikan ranking terhadap artikel kita, dan itu jelas tidak gampang.

My office
- 180810 11.20 -
M E R D E K A

1 comments:

Unknown said...

Oh..jadi gitu ya mas
mkasih ya... tentunya sangat brguna banget bagi saya yang baru pemula ngeblog
terus trang saya masih bingung jadi saya butuh bimbingan sama orang yang sudah pengalaman sprti mas,biar saya jadi tambh dewasa gitu loh...
Moga sukses
Salam knal mas..
Aris
http://kucinggaronkblog.blogspot.com

Post a Comment

Terima kasih sudah berkomentar, mohon maaf jika kami mengaktifkan moderasi komentar, itu semata-mata untuk mengetahui bahwa anda sudah berkomentar. Insya Allah saya akan secepatnya membalas dan berkunjung ke blog sahabat semua...

Salam Hangat,
Tips Blogging-SEO | Recommended

Blog Archive

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger